Perlengkapan Bayi Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Lahir

Untuk Anda yang baru akan mempunyai buah hati, memiliki peralatan bayi adalah hal yang perlu dilakukan oleh orang tua. Tugas belanja perdana ini pasti mengasyikkan, namun biasanya jika dilakukan pada saat kondisi ibu hamil tua yang pastinya tidak mudah. Agar kondisi ibu hamil tetap terjaga, akan lebih baik jika Anda berbelanja perlengkapan bayi dengan cara dicicil alias tidak langsung belanja dalam jumlah besar.

Jika kondisi fisik tidak memungkinkan untuk belanja langsung ke toko perlengkapan bayi, sebagai gantinya sekarang Anda juga dapat belanja melalui baby shop online yang menjual beraneka jenis kebutuhan bayi. Agar Anda tidak bingung saat berbelanja, berikut ini adalah beberapa daftar peralatan bayi baru lahir yang perlu dibeli untuk persiapan si kecil.

1. Baju Bayi

Perlengkapan pertama yang perlu Anda [miliki|beli|persiapkan} adalah baju bayi. Jika ingin memilih baju bayi sebaiknya pilih baju yang terbuat dari katun. Hal ini karena bahan katun sangat mudah menyerap keringat. Jangan bali baju bayi yang terbuat dari nylon dan polyster yang biasanya menghalangi pergerakan bayi. Bahan nylon ataupun polyster terkadang dapat menyebabkan kulit bayi menjadi terluka. Ingat kulit bayi masih benar-benar sensitif, jadi Anda harus benar-benar selektif dalam memilih baju bayi yang cocok.

Pertimbangkan juga mengenai ukuran baju. Saat bulan-bulan awal, pertumbuhan bayi akan berlangsung dengan cepat. Bayi akan bertambah gemuk. Agar tidak boros, cari baju yang berukuran sedikit lebih lebar dan longgar. Tidak perlu membeli baju dalam jumlah besar, karena seringkali baju tidak akan terpakai lama. Sebenarnya yang terpenting baju bayi cukup lengkap mulai dari set baju dan celana lengan panjang, lengan pendek, jaket, penutup tangan dan sarung kaki.

2. Popok Bayi

Popok bayi yang dimaksud bukanlah popok sekali buang melainkan popok kain. Kondisi ini karena buah hati yang baru lahir cukup sering buang air kecil atau buang air besar. Pilih popok kain yang berjenis katun dan memiliki tali. Dengan demikian ukuran popok bisa Anda atur dengan ukuran bayi.

Pastikan tidak memakaikan popok terlalu kencang karena dikhawatirkan malah mengganggu pergerakan dan pernafasan bayi. Untuk popok buah hati Anda sebaiknya membeli beberapa lusin untuk mengantisipasi popok yang belum kering.

3. Perawatan Bayi

Perlengkapan kosmetik bayi ini bisa digunakan sehabis bayi mandi, ganti popok, ataupun ingin bepergian. Di antaranya: bedak, minyak telon, parfum, tissu, kapas bulat, dan guntingan kuku.

4. Perlengkapan Tidur

Perlengkapan selanjutnya yang tidak kalah berguna adalah perlak bayi. Perlak berguna sebagai alas tidur buah hati. Hal ini disebabkan bayi memiliki kebiasaan buang air kecil cukup sering. [Gunakan|Pilih|Belilah} perlak bayi yang memiliki ukuran sedikit lebih besar agar perlak dapat dipakai sampai bayi aktif bergerak.

Selain perlak, masih ada juga perlengkapan tidur penting lainnya, contohnya: Alas tidur, bantal, guling, selimut, dan tempat tidur bayi (baby box).

5. Peralatan menyusui

Untuk ibu yang tidak bekerja, mungkin Anda tidak terlalu memerlukan beberapa perlengkapan untuk menyusui bayi. Namun, untuk Anda yang bekerja, Anda sebaiknya membeli beberapa perlengkapan menyusui bayi, seperti: breast pad sehingga ASI tidak merembes keluar, botol susu, sikat botol, botol bening untuk tempat ASI perah (ASIP), pencuci botol, penyedot ASI (manual/elektrik), dan penghangat susu.

6. Perlengkapan mencuci

Tempat pakaian bayi yang kotor, hanger (model baling-balinng) untuk mengeringkan baju bayi, dan detergen tersendiri untuk mencuci baju bayi.

7. Perlengkapan bepergian

Gendongan buah hati, tas buah hati untuk membawa [perlengkapan|peralatan} buah hati, kereta bayi untuk mengajak bayi jalan-jalan atau bisa juga untuk menjemur bayi, dan car seat untuk bepergian dengan mobil.

8. Perlengkapan Mandi Bayi

Peralatan mandi bayi tentu tidak boleh tertinggal. Perlengkapan mandi bayi pun cukup banyak mulai dari tempat mandi, sabun bayi, sampo bayi, waslap dan juga handuk khusus. Handuk khusus yang Anda pilih sebaiknya dapat menyerap air supaya bayi Anda tetap nyaman dan aman.

Untuk buah hati yang baru lahir, umumnya tidak boleh terlalu banyak terkena air agar tali pusar tidak basah. Oleh sebab itu, untuk memandikan bayi cukup memakai waslap dulu untuk pertama kali. Dengan memakai waslap, tubuh bayi dapat dibersihkan tanpa harus membasahi tali pusar.

9. P3K Khusus Bayi

Buah hati yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Bayi Anda pun selalu membutuhkan perhatian esktra. Oleh sebab itu, Anda perlu siaga dengan mempersiapkan P3K yang sewaktu-waktu diperlukan. Peralatan P3K yang minimal harus ada, contohnya: Perban, kapas, termometer dan salep iritasi.

Mengenai jumlah yang diperlukan masing-masing peralatan bauh hati yang baru lahir. Anda dapat menyesuaikan sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan budget yang disiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *